Pendidikan Profesi Ners


TERAKREDITASI

: “BAIK” (LAM-PTKes)

TOTAL KREDIT

: 36 SKS

LAMA STUDI

: 1-2 TAHUN

GELAR

: Ns (Ners)

PERKIRAAN BIAYA/SMT

: 25.000.000,- (Paket)

Program studi pendidikan profesi ners adalah tahapan proses adaptasi profesi untuk dapat menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan professional, memberikan pendidikan kesehatan menjalankan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan.

Visi

 

"Menjadi Program Studi Pendidikan Profesi Ners yang Unggul di Bidang Home Care yang Berbasis Sistem Informasi di Asia Tenggara Pada Tahun 2034"

Misi

 

1.      Menyelenggarakan pendidikan keperawatan berstandar nasional dan serta berdaya saing yang unggul dalam bidang Home Care.

2.      Mengembangkan penelitian yang menunjang pelayanan keperawatan dalam bidang Home Care.

3.      Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang pelayanan keperawatan dalam bidang Home Care

 

Profil Lulusan

1.      Care Provider

Merencanakan dan Memberikan Asuhan Keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat dalam rentang sehat sakit di tatanan klinik, keluarga, dan komunitas untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia secara komprehensif dan berbasis bukti.

2.     Communicator

Mendemonstrasikan komunikasi efektif pada sistem klien dan kolaborasi tim kesehatan.

3.     Health educator and Promotor

Melakukan edukasi dan promosi pada sistem klien untuk mencapai kemandirian dalam perawatan diri.

4.     Manager and Leader

Menganalisis pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim kesehatan dengan menunjukan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan perawatan klien.

5.     Researcher

Menerapkan langkah-langkah pendekatan ilmiah dalam menyelesaikan masalah keperawatan.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
 
1.  Mampu mengelola Asuhan Keperawatan sesuai kode etik keperawatan Indonesia, berpikir logis, kritis, sistematis dan kreatif, inovatif, bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta bertanggung jawab secara ilmiah kepada masyarakat profesi dan klien dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan.
2.   Mampu menerapkan edukasi, komunikasi, dan kolaborasi dalam memberikan asuhan dan/atau pelayanan keperawatan berdasarkan bukti ilmiah terkini
3.    Mampu menerapkan pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan perawatan klien.
4.  Mampu menganalisis hasil penelitian ilmiah monodispliner dibidang ilmu dan teknologi keperawatan/kesehatan untuk menyelesaikan masalah kesehatan melalui pemikiran kritis, etis, dan inovatif.